Senin, 07 Juni 2010

Kota Paling Sopan Dan Paling Tidak Sopan... Indonesia Masuk Dimana Ya??

Kota Paling Sopan
1. New York, AS 80 %
2. Zurich, Swiss 77 %
3. Toronto, Kanada 70 %
4. Berlin, Jerman 68 %
5. Sao Paulo, Brasil 68 %
6. Zagreb, Kroasia 68 %
7. Auckland, New Zealand 67 %
8. Warsaw, Poland 67 %
9. Meksiko, Meksiko 65 %
10. Stockholm, Swedia 63 %
11. Budapest, Hongaria 60 %
12. Madrid, Spanyol 60 %
13. Prague, Republik Ceko 60 %
14. Vienna, Austria 60 %
15. Buenes Aires, Argentina 57 %
16 Johannesburg, Afrika Selatan 57 %
17 Lisbon, Portugal 57 %
18. London, Inggris 57 %
19. Paris, Perancis 57 %

Tabel di atas adalah daftar 19 kota paling sopan. Lalu dimana Indonesia?
Kalau dulu Indonesia dikenal dengan penduduknya yang ramah dan bertata karma, kini apakah Indonesia juga akan tetap berada pada posisi yang sama di mata dunia?
Suatu media cetak bernama “Reader’s Digest Indonesia” edisi bulan Juli 2006 menerbitkan suatu hasil survey di 35 kota dari 35 negara yang berbeda di dunia.

Photography Pictures, Images and Photos

Survey yang dilakukan berupa test kesopanan yang terdiri dari tiga jenis uji, antara lain:
1. tim survey berjalan di belakang orang yang masuk ke tempat umum dan mengamati apakah orang itu akan menahan pintu agar orang lain yang di belakangnya bisa lewat (dilakukan 20 kali)
2. tim survey membeli benda berharga murah dari 20 toko dan mencatat apakah kasir toko mengucapkan ‘terima kasih” saat tim survey membayar barang itu
3. tim survey menjatuhkan map berisi kertas-kertas di 20 lokasi ramai untuk melihat apakah ada orang yang membantu memunguti kertas

Dan hasilnya… .
Kota Paling Tidak Sopan
1. Mumbai, India 32 %
2. Bukares, Rumania 35 %
3. Kuala Lumpur, Malaysia 37 %
4. Seoul, Korea Selatan 40 %
5. Moskow, Rusia 42 %
6. Singapura 42 %
7. Jakarta, Indonesia 43 %
8. Taipei, Taiwan 43 %
9. Bangkok, Thailand 45 %
10. Hongkong 45 %
11. Ljubljana, Slovenia 45 %
12. Milan, Italia 47 %
13. Sydney, Australia 47 %
14. Helsinki, Finlandia 48 %
15. Manila, Filipina 48 %
16 Amsterdam, Belanda 52 %

Yup! Indonesia berada pada peringkat no.7 pada daftar kota paling tidak sopan. Haduh!!! Kenapa bisa begitu ya?? Setelah uji dilakukan, tim survey melakukan wawancara kepada orang-orang yang menjadi objek uji kesopanan dan menunjukkan respon negatif. Pada umumnya mereka beralasan bahwa mereka sedang terburu-buru dan tidak bisa berhenti untuk membantu pada saat itu, juga ada pula yang beralasan bahwa mereka takut menjadi korban kejahatan jika datang menolong. Karena beberapa modus kejahatan juga terjadi secara demikian.
Zainoel B. Biran, fakultas psikologi Universitas Indonesia, mengungkapkan bahwa memang telah terjadi perubahan perilaku di masyarakat, terutama kehidupan masyarakat perkotaan yang hidup dengan berbagai aktivitas dan rutinitas yang mengikat. Tata krama tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang penting, tetapi mulai ditinggalkan karena hanya dianggap sebagai sesuatu yang kuno dan mengekang kebebasan seseorang. Padahal tata krama sendiri bukanlah hal sekaku itu. Pada awalnya mungkin akan terasa berat, tapi ketika semua itu telah mendarah daging pada gaya hidup kita, semua itu bukan lagi menjadi suatu aturan tua tetapi identitas kita. Sehingga orang lain pun bisa menilai kita, apakah kita termasuk orang yang menyenangkan dengan mampu menghargai orang lain sebagimana seharusnya dan sebagainya.
Secara umum courtesy atau kesopanan menyangkut kerelaan untuk memperhatikan orang lain, juga usaha kita untuk berempati kepada orang lain, dan semua itu didasari oleh dua hal terpenting, yakni love and giving. So, teman-teman pemuda semuanya.... apa pilihan kamu sekarang? Biar bagaimanapun survey di atas perlu benar-benar jadi teguran buat kita. Mau mengubah negeri ini menjadi lebih baik bukan? Kalau begitu, mari kita mulai dari diri kita sendiri. Kita mulai dengan berlaku sopan pada orang-orang di sekitar kita, mulai dai hal terkecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar